Jumat, 10 Mei 2019

Konfigurasi Remote SSH Debian 8 | Ahmad Khoeron

Konfigurasi Remote SSH Debian 8


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang cara menambahkan konfigurasi SSH Server Debian 8 Jessie. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing. Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang di sebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.


B). Latar Belakang

   SSH ini digunakan untuk meremote sebuah perangkat menggunakan perangkat lain. SSH ini digunakan untuk meremote apabila pada perangkat yang di remote mempunyai masalah atau yang lainnya.

C). Maksud dan Tujuan

   Meremote sebuah server melalui perangkat laptop.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- VirtualBox.
- OS Debian Server.

E). Pembahasan

   Sebelum kita memulai meremote server melalui laptop, kita install terlebih dahulu software OpenSSH-Server pada masing-masing perangkat, yang nantinya akan digunakan untuk dapat saling terhubung dengan SSH masing-masing perangkat. Caranya adalah ketik "apt-get install openssh-server" pada debian server.


  • Setelah aplikasi terinstall, layanan SSH Server sudah langsung bisa kita gunakan melalui port default 22. Kemudian kita setting IP Address pada pengaturan Global tools.

  • Kemudian kita buat IP Address baru sesuai subnet pada debian server kita. Caranya klik Create => Adapter => IPv4 Address (IP Address) => IPv4 Network Mask (IP Network) => Apply.

  • Selanjutnya kita setting pada pengaturan jaringan kita yang nantinya akan terhubung antara debian server dengan laptop kita. Caranya klik klik Setting => Network => Attached to (Host-Only Adapter) => Name (xboxnet0) => OK.

  • Kemudian kita masuk ke dalam terminal laptop kita dan masukkan perintah "ssh (nama hostname server)@ (IP Address Debian Server)".

  • Nah, apabila kita menemui permasalahan seperti gambar di bawah ini, kita dapat atasi dengan cara masukkan "rm -rf /home/(hostname laptop)/ .ssh/known_hosts".

  • Kemudian kita masukkan ulang perintah ssh server tadi melalui laptop kita. Dan jangan lupa masukkan password root laptop kita.

  • Apabila berhasil, maka akan seperti tampilan pada gambar di bawah ini.

   Nah, pada tampilan di atas merupakan tampilan dari ssh server kita yang di remote melalui laptop kita. Sebaiknya apabila kita menggunakan mode ssh, maka kita gunakan yang bermanfaat saja dan jangan sampai jahil terhadap root dari perangkat yang telah kita remote ssh.


F). Kesimpulan 

   Saat akan menggunakan mode ssh ini, kita harus menggunakan jaringan yang sama dan menggunakan subnet IP yang harus sama.

G). Referensi






  Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian ssh server beserta cara konfigurasinya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.






0 komentar:

Posting Komentar