Sabtu, 11 Mei 2019

Konfigurasi Web Server Debian 8 Jessie | Ahmad Khoeron

  • Konfigurasi Web Server Debian 8 Jessie


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang cara menambahkan konfigurasi Web Server Debian 8 Jessie. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Web server adalah suatu perangkat lunak (software) dalam software yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) dari client atau browser berupa halaman website melalui protokol HTTP/HTTPS, lalu merespon permintaan tersebut dalam bentuk halaman website berupa dokumen HTML atau PHP.

B). Latar Belakang 

  Setelah kita menginstall Debian Server, kita membutuhkan sebuah database yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan data atupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

C). Maksud dan Tujuan

   untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- VirtualBox.
- OS Debian Server.

E). Pembahasan

Sebelum kita menginstall seluruh Web di dalam server, kita install dari tahap awalnya terlebih dahulu. dengan cara kita install terlebih dahulu software apache2 php5, dengan cara masukkan perintah "apt-get install apache2 php5".

  • Jika sudah terinstall, kita bisa cek di dalam browser dengan mengetikkan "192.168.10.2" (IP Address Server). Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini.

  • Setelah itu, kita masuk ke dalam directory "/var/www/html/". Kemudian kita edit dan masukkan perintah "nano /var/www/html.info.php". Kemudian kita tambahkan perintah pada directory tadi dengan perintah seperti di gambar, dan simpan perintah tadi dengan tekan CTRL+X dan enter.

  • Setelah itu, kita cek ke dalam browset tadi dengan perintah "192.168.10.2 (IP Address Server).info.php". Jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

  • Kemudian kita install mysql yang digunakan untuk database dengan masukkan perintah "apt-get install mysql-server mysql-client".

  • Kita perlu memasukkan password yang digunakan untuk kriteria keamanan database mysql kita.

  • Selanjutnya kita masukkan password ulang lagi untuk memastikan password tersebut sudah benar.
     

  • Jika sudah selesai terinstall, maka kita coba cek mysql kita dengan masukkan perintah "mysql -u root -p". Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

  • Kemudian kita akan install phpmyadmin. Cara masukkan perintah "apt-get install phpmyadmin".

  • Selanjutnya kita diperintahkan untuk memilih web server yang kan menjalankan phpmyadmin tadi. Kita pilih saja perintah "apache2".

  • Selanjutnya kita pilih "Yes" untuk konfirmasi phpmyadmin ini.

  • Langkah selanjutnya, kita diperintahkan untuk memasukkan password untuk keamanan phpmyadmin. Untuk memudahkan kita dalam mengingat password, kita beri saja password yang sama dengan password dari mysql tadi.

  • Selanjutnya, kita masukkan password yang sama lagi untuk memastikan password tersebut sama dengan password yang tadi untuk verifikasi.


  • Yang terakhir, kita bisa cek di dalam browser kita. Caranya masukkan perintah "192.168.10.2 (IP Address Server)/phpmyadmin". Jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambar yang berada di bawah ini.

Jika hasilnya seperti pada gambar di atas, berarti kita telah berhasil dalam melakukan konfigurasi Web Server Debian 8 Jessie.

F). Kesimpulan

   Sebelum kita instalasi semua web dan database seperi mysql, kita lebih baik install yang lebih awal terlebih dahulu, yaitu kita install apache2 php5 terlebih dahulu.

G). Referensi

Buku Konfigurasi Debian Server BLC Telkom by Aji Kamaludin.pdf




  Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian Web Server beserta cara instalasi dan konfigurasinya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar