Minggu, 07 April 2019

Day 4 | Trainning MikroTik MTCNA-MTCRE | Ahmad Khoeron

Hari Ke-Empat Trainning MikroTik MTCRE


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. kali ini saya akan sedikit sharing tentang pengalaman saya waktu hari ke-empat melakukan trainning Mikrotik MTCNA-MTCRE. Nah agar mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   MTCRE (MikroTik Certified Routing Engeer) merupakan salah satu dari kelas MikroTik tingkat mahir membahas topik tentang routing dan switching. Beberapa materi yang di ajarkan yaitu:
- Static Routing (teori dan praktek).
- Multiple Gateway (ECMP, PCC).
- Rekursif Static Routing.
- Konsep Routing Dinamis.
- Dasar OSPF.
- Konfigurasi Tingkat Mahir OSPF.
- Pengenalan MikroTik Hardware-Switch.

B). Latar Belakang

   Setiap tahun, BLC Telkom Klaten selalu melakukan sebuah trainning. Banyak sekali trainning yang ada di BLC Telkom Klaten, khususnya trainning MikroTIk. Pada hari ini saya melakukan trainning MTCRE BLC Telkom Klaten yang ke-empat. Trainning MikroTik MTCRE ini berlangsung selama dua hari, yaitu setelah kita selesai melakukan ujian MTCNA.

C). Maksud dan Tujuan

Melakukan sharing hari ke-4 trainning MikroTik MTCRE.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- Modul MTCRE.
- Buku catatan.

E). Pembahasan

   Pembahasan materi trainning MikroTik MTCRE ini akan membahas tentang routing, Tunnel, dan VLAN. Dan pada hari pertama trainning MTCRE yang di bahas adalah static routing dan OSPF.

   Pada routing static pertama, kami di suruh membuat kelompok yang mana terdiri dari 4 atau 5 orang. Lalu kami membuat lab berdasarkan topologi yang di berikan oleh Pak Ziad Sobri.

   Pada materi OSPF kami di beri materi tentang pengertian OSPF, cara kerja dari routing OSPF, OSPF neighbors, External Route Distribution, Internal Route Distribution, algoritma OSPF, Virtual Link, dan Area dari OSPF.



F).  Kesimpulan

   Dapat diambil kesimpulan bahwa hari ini saya dapat banyak diberi materi tentang routing statik dan OSPF.

G). Referensi

Pak Ziad Sobri.


 Nah, itulah sedikit penjelasan pembahasan pengalaman hari ke-empat trainning MTCRE. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   
  Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.








0 komentar:

Posting Komentar