Senin, 08 April 2019

Last Day | Trainning MikroTik MTCNA-MTCRE | Ahmad Khoeron

Hari Terakhir Trainning MikroTik MTCRE


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. kali ini saya akan sedikit sharing tentang pengalaman saya waktu hari terakhir melakukan trainning Mikrotik MTCNA-MTCRE. Nah agar mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   MTCRE (MikroTik Certified Routing Engeer) merupakan salah satu dari kelas MikroTik tingkat mahir membahas topik tentang routing dan switching. Beberapa materi yang di ajarkan yaitu:
- Static Routing (teori dan praktek).
- Multiple Gateway (ECMP, PCC).
- Rekursif Static Routing.
- Konsep Routing Dinamis.
- Dasar OSPF.
- Konfigurasi Tingkat Mahir OSPF.
- Pengenalan MikroTik Hardware-Switch.


B). Latar Belakang

   Setiap tahun, BLC Telkom Klaten selalu melakukan sebuah trainning. Banyak sekali trainning yang ada di BLC Telkom Klaten, khususnya trainning MikroTIk. Pada hari ini saya melakukan trainning MTCRE BLC Telkom Klaten yang terakhir. Pada hari ini juga akan di adakannya ujian MTCRE bagi yang telah lulus ujian MTCNA kemarin.


C). Maksud dan Tujuan

Melakukan sharing hari yang terakhir trainning MikroTik MTCRE.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- Modul MTCRE.
- Buku catatan.

E). Pembahasan

   Pada trainning hari ini merupakan hari terakhir trainning MTCRE dan terakhir bagi Pak Ziad Sobri berada di BLC Telkom Klaten, karena nanti malam Pak Ziad Sobri akan pulang ke Lampung. Dan pada hari ini membahas keanjutan materi yang kemarin yaitu tentang LSA type. 

   Setelah membahas tentang LSA type, selanjutnya adalah membahas tentang Tunnel yaitu EoIP dan IPIP tunnel. Kemudian setelah itu membahas tentang VLAN yang mana VLAN ini memecah broadcast domain sehingga dalam satu switch ada beberapa network dan untuk menghubungkan antar VLAN digunakan InterVLAN Routing.

   Setelah pembahasan materi MTCRE telah selesai, maka akan di adakannya ujian MTCRE bagi yang telah lulus MTCNA kemarin. Karena saya kemarin belum beruntung dalam ujian MTCNA, maka saya hanya bisa menyaksikan teman-teman yang mengikuti ujian MTCRE saja. dan intinya tetap semangat walau belum dapat lulus, karena kegagalan tersebut akan menjadikan motivasi untuk kedepannya agar saya semangat dalam belajar.

   Sebelum Pak Ziad pergi meninggalkan BLC Telkom Klaten, kami mengucapkan banyak terima kasih karena sudah mau datang jauh-jauh dari Lampung ke Klaten hanya untuk memberikan trainning MTCNA-MTCRE kepada kami semua. Dan kami juga bertanya-tanya soal softskill maupun hardskill dari Pak Ziad Sobri. Dan bukan itu saja, saya, teman-teman, dan pembimbing BLC Telkom Klaten terutama Mbah Suro melakukan foto bersama dengan Pak Ziad Sobri.




F). Kesimpulan

   Pantang semangat walau kegagalan menimpa kita, dan jadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi ke depannya agar kita semangat belajar.

G). Referensi

Pak Ziad Sobri


   Nah, itulah sedikit penjelasan pembahasan pengalaman hari terakhir trainning MTCNA-MTCRE. Apabila terjadi banyak kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan di hati pembaca, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




0 komentar:

Posting Komentar