Sabtu, 06 April 2019

Day 3 | Trainning MikroTik MTCNA-MTCRE | Ahmad Khoeron

Hari Ke-Tiga Trainning MTCNA



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. kali ini saya akan sedikit sharing tentang pengalaman saya waktu hari ke-tiga melakukan trainning Mikrotik MTCNA-MTCRE. Nah agar mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Kelas MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) merupakan kelas dasar yang harus di lewati untuk bisa mengikuti kelas-kelas tingkat mahir. kelas ini akan membahas hampir semua fitur MikroTik, namun tidak terlalu mendalam.

B). Latar Belakang

   Setiap tahun, BLC Telkom Klaten selalu melakukan sebuah trainning. Banyak sekali trainning yang ada di BLC Telkom Klaten, khususnya trainning MikroTIk. Pada hari ini saya melakukan trainning MTCNA BLC Telkom Klaten yang ke-dua. Dalam pembahasan kali ini melanjutkan materi chapter yang kemarin, yaitu chapter 6 sampai chapter 9. Chapter ini merupakan chapter yang terakhir dari trainning MikroTik MTCNA.
   Setelah selesai pemberian materi MTCNA dari Pak Ziad Sobri ini, kami akan melakukan ujian MTCNA, apabila nanti lulus dalam ujian ini maka akan mendapatkan sebuah sertifikat MTCNA resmi internasional.

C). Maksud dan Tujuan

   Melakukan sharing hari ke-3 trainning MikroTik MTCNA sekaligus melakukan ujian MikroTik MTCNA .

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- Modul MTCNA.
- Buku catatan.

E). Pembahasan

   Setelah kemarin telah membahas chapter 4,5, dan 6, maka pada hari ini kita membahas chapter yang selanjutnya yaitu chapter 7 sampai 9 yang merupakan chapter trainning terakhir MTCNA. Pada chapter ke-7 ini membahas tentang QOS (Quality OF Service) yang fungsinya mengatur bandwitch. Untuk pembahasan selengkapnya tentang QOS (Quality OF Service) ini akan saya bahas pada artikel Blog yang akan mendatang.

   Selanjutnya pada chapter ke-8 ini membahas tentang Tunneling, fungsi dari Tunneling ini adalah membuat sebuah terowongan dalam jaringan. Untuk pembahasan tentang Tunneling ini akan saya bahas pada artikel Blog yang akan mendatang.

   Selanjutnya pada chapter yang terakhir yaitu chapter 9, pada chapter kali membahas tentang menu tools yang terdapat pada RouterOS MikroTik, baik itu dari B-test server hingga traffict monitor. 

   Setelah semua pembahasan chapter selesai, maka akan di adakan ujian MTCNA yang akan di laksanakan setelah sholat maghrib. Setelah ujian berlangsung, saya sangat khawatir apabila saya tidak lulus. Namun begitu, saya tetap akan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan apapun hasilnya. Namun takdir berkehendak lain, saya akhirnya gagal lulus dengan nilai yang tipis dari rata-rata nilai kelulusan. Tetapi itu tidak membuatku patah semangat, karena itulah hasil kerja kerasku dan apapun hasilnya itu merupakan hasil yang saya dapatkan. Dan saya yakin bahwa kegagaan itu merupakan awal dari kesuksesan.


F). Kesimpulan

   Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan. Bukan berarti kalau kita gagal akan sukses, namun kita harus berusaha lagi setelah kegagalan kita tadi.

G). Referensi

Pak Ziad Sobri.



   Nah, itulah sedikit penjelasan pembahasan pengalaman hari ke-tiga trainning MTCNA. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   
  Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.





   



0 komentar:

Posting Komentar