Rabu, 15 Mei 2019

Cara Install CMS Sekolahku di Localhost | Ahmad Khoeron

Cara Install CMS Sekolahku di Localhost


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang cara Instalasi CMS Sekolahku di Localhost. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Content Management System (CMS) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi dari suatu situs Web.

B). Latar Belakang

   Instalasi CMS Sekolah ini digunakan untuk membuat Website yang berbasis sekolahan dari sekolah yang akan dibuat website tersebut.

C). Maksud dan Tujuan

   Membuat website sekolah di dalam localhost.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.

E). Pembahasan


1. Pastikan sudah terinstall Webserver full terlebih dahulu. Jika belum bisa cek Disini.

2. Download File CMSnya. Silahkan download di https://sekolahku.web.id/

3. Jika sudah masuk ke directory /var/www/html. Dan buat directory baru. Disini saya membuat directory dengan nama cms-sekolahku. Ketikkan command mkdir (nama folder).



4. Lalu pindah file CMS yang kita download tadi ke directory CMS yang telah kita buat tadi di directory /var/www/html/. File download CMS saya taruh di directory document. Jadi harus masuk pada directory document. Setelah itu baru kita pindah. Ketikkan command mv (file cms) /var/www/html/cms-sekolahku.



5. Kemudian ekstrak filenya. Ketikkan command unzip (file CMS).


6. Buka web browser lalu masuk phpMhyAdmin. Lalu kita buat data base baru. Beri nama db_cms_sekolahku.




7. Kemudian klik data base cms yang telah kita buat tad, lalu import file db_cms_sekolahku_sql yang terdapat pada directory /var/www/html.





8. Jika berhasil diimport maka hasilnya akan seperti dibawah.



9. Jika ingin mengganti password, masuk pada directory /var/www/html/cms-sekolahku. Lalu masuk pada directory application/config. Kemudian edit database.php. Ketikkan Command nano database.php.



10. Lalu ganti username dan password. Kemudian save ctrl x y.



11. Lalu tambahkan konfigurasi pada 000-default.conf. Ketikkan nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf. Tambahkan konfigurasi seperti dibawah. Kemudian save ctrl x y.



12. Lalu buka web browser ketikkan localhost/cms-sekolahku. Jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah.


G). Kesimpulan

CMS-Sekolahku ini digunakan untuk membuat Website sekolah didalam sebuah localhost server.

G). Referensi

Teman-teman PRAKERIN BLC Telkom Klaten



  Nah, itulah sedikit penjelasan pengertian tentang CMS-Sekolahku dan cara konfigurasinya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.


   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.






0 komentar:

Posting Komentar