Kamis, 25 April 2019

Cara Setting VLAN pada MikroTik | Ahmad Khoeron

Setting VLAN pada MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian VLAN pada MikroTik  dan sekaligus cara konfigurasinya. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.


A). Pengertian

   VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah metode yang sering digunakan untuk mendistribusikan beberapa segment interface ethernet yang terbatas. Dengan VLAN ini kita dapat membuat sebanyak 4095 segment LAN dalam sebuah interface.
   Dalam pembuatan VLAN terdapat sebuah parameter utama yaitu Core Port (Tagged) dan Edge port (Untagged). Mungkin pada istilah lain kedua parameter tersebut lebih di kenal sebagai Trunk Port dan Access Point.

B). Latar Belakang  

   Pada pembahasan kali ini kita mencoba setting sebuah MikroTik menjadi mode VLAN. kita akan mendistribusikan core port (Tagged) dengan menggunakan media transmisi kabel. Dengan begitu, MikroTik ini seolah-olah bekerja seperti switch.

C). Maksud dan Tujuan

   Melakukan setting VLAN dengan menggunakan perangkat MikroTik dengan cara menyambungkan MikroTik dengan port yang sama dan dengan berbeda port pada masing-masing perangkat

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.

E). Pembahasan

   Seperti biasa sebelum kita setting MikroTik, kita masukk kedalam menu setting MikroTik terlebih dahulu.
  • Langkah pertama, kita membuat IP Address untuk kita gunakan. Caranya klik IP=> Address=> Tambahkan Rule (+)=> Address (IP user)=> Network (IP Network)=> Interface (Ether yang digunakan).

  • Kemudian kita membuat VLAN. Caranya klik Interfaces=> VLAN=> General=> Name (Nama VLAN)=> VLAN ID (Identitas VLAN)=> Interface (Ether VLAN yang akan dilewati)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita akan setting bridge pada VLAN kita. Caranya klik Bridge=> Interface Bridge=> General=> Name (Nama Bridge yang akan digunakan)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita atur port VLAN tadi yang telah kita buat menjadi mode bridge. Caranya klik Bridge=> Ports=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Interface (VLAN yang telah kita buat)=> Bridge (Bridge yang telah kita buat)=> Apply=> OK.

  • Selanjutnya kita atur Ether tersebut menjadi mode bridge. Caranya klik Bridge=> Ports=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Interface (Ether kosong)=> Bridge (Bridge VLAN)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita ganti IP Address dari laptop kita, samakan IP Address laptop dengan IP Address MikroTik.

  • Kemudian kita uji test ping IP Address dengan MikroTik pasangan.

  • Selanjutnya kita membuat IP Address yang akan digunakan oleh VLAN yang telah kita buat. Caranya klik IP=> Addresses=> Tambahkan Rule (+)=> Addresses (IP address)=> Network (IP Network)=> Interface (Bridge yang telah kita buat)=> Apply=> Ok

  • Kemudian kita ganti IP Address didalam laptop kita menjadi IP Address yang berada pada MikroTik.

  • Kemudian kita cabut interface kedalam interface yang kosong (Interface VLAN) dan kita coba uji test PING.

F). Kesimpulan

   VLAN ini sama seperti switch, tetapi bedanya adalah VLAN disini digunakan dengan perangkat router MikroTik.

G). Referensi

Pak Ziad Sobri


  Nah, itulah sedikit penjelasan pengertian tentang VLAN pada MikroTik dan cara konfigurasinya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




0 komentar:

Posting Komentar