Jumat, 26 April 2019

Cara Setting IPIP Tunnel pada MikroTik | Ahmad Khoeron

Setting IPIP Tunnel pada MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian IPIP Tunnel  dan sekaligus cara konfigurasinya. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   IPIP (Information Processing Improvement Program) Tunnel adalah kanal jaringan komunikasi protokol internet antara dua jaringan komputer yang digunakan untuk transportasi menuju jaringan lain dengan mengakapsulkan paket ini.

B). Latar Belakang  

   IP Tunnel sering kali digunakan untuk menghubungkan dua jaringan IP tidak bergabung yang tidak memiliki alamat penjaluran asli (Native Routing Path) ke lainnya, melalui protokol penjaluran utama melewati jaringan transportasi tingkat menengah.

C). Maksud dan Tujuan

   Dalam melakukan IP Tunnel, setiap paket IP termasuk informasi pengalamatan dari sumber dan tujuan jaringan IP, di kapsulasi dengan format paket asal lainnya ke jaringan antara (transit network).

D). Alat dan Bahan 

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.
- Wibox.

E). Pembahasan

   Sebelumnya seperti biasa yaitu kita masuk kedalam menu settingan router MikroTik terlebih dahulu untuk nantinya kita setting.
  • Langkah awal, pastikan kita setting IP local dan public terlebih dahulu. Caranya klik IP=> Address=> Tambahkan Rule (+)=> Masukkan IP=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita membuat interface IPIP Tunnel. Caranya klik Interfaces=> Interface List=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Name (Nama Tunnel)=> Local address (IP Router kita)=> Remote Address (IP Lawan)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita routing masing-masing router. Caranya klik IP=> Route=> Dst. Address (IP Lawan)=> Gateway (IP Route)=> Apply=> OK.

Kemudian kita uji coba dengan test PING dengan tujuan dapat mengetahui koneksifitas dari antara router tadi dapat saling terhubung.

F). Kesimpulan

   Kita dapat saling menghubungkan antar jaringan melalui jalur pintas yang aman dengan menggunakan routing IPIP Tunnel yang juga terhubung ke sumber internet.

G). Referensi

Modul MikroTik MTCRE.pdf



   Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian IPIP Tunnel beserta cara konfigurasinya pada MikroTik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.



0 komentar:

Posting Komentar