Rabu, 24 April 2019

Setting Wireless Point To Point Di Mikrotik | Ahmad Khoeron

Point To Point Mikrotik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai guys, bertemu dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang Point to Multipoint pada mikrotik dan cara konfigurasinya. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan sebagai berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Point to Multipoint adalah komunikasi yang dilakukan melalui tipe yang berbeda dari satu ke banyak koneksi, Point to Multipoint yang paling banyak digunakan di internet nirkabel (wireless) dan IP telepony melalui frequency radio.

B). Latar Belakang

   Pada pembahasan ini kita kan belajar tentang Point to Multipoint. Point to Multipoint adalah koneksi antara beberapa perangkat atau lebih dalam satu lingkup jaringan yang digunakan bersama.

C). Maksud Dan Tujuan 

point to point di gunakan untuk membangun hubungan langsung tanpa host atau perangkat lainnya.

D). Alat Dan Bahan

- Laptop/PC.
- Internet.
- Mikrotik.
- Kabel UTP RJ45.

E). Pembahasan

    sebelumnya seperti biasa yaitu kita masuk kedalam menu settingan pada MikroTik agar kita dapat melakukan setting MikroTik.
  • Kita buat mode bridge terlebih dahulu. Caranya klik Wireless=> Interface=> Klik wlan1=> wireless=> Mode (Bridge)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita buat IP Address. Caranya klik IP=> Addresses=> Tambahkan Rule (+)=> Buat IP Address=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita buat mode AP untuk memancarkan akses internet. Caranya klik wlan1=> Wireless=> Mode (station)=> SSID (Akses yang diambil)=> Apply=> OK.


  • Berikan ip address pada wireless 1 (WLAN 1) dengan cara masuk ke IP=>Address kemudian klik (+) pastikan ip sudah sesuai dengan topologi.


  • Lalu lakukan pengecekan bandwith. Langkah ini adalah opsional, jika dirasa tidak diperlukan maka lewati saja. Buka menu Tools=>Btest Server tool ini berfungsi untuk mengaktifkan server yang akan dilakukan pengujian bandwith.

  • Pengujian ini dilakukan di sisi Bridge dengan masuk ke menu Tool=>Banwidth Test.


F). Kesimpulan 

   Dalam tahapan konfigurasi kita harus teliti dalam konfigurasi tersebut. Apabila kita mempunyai kesalahan walaupun kecil tetapi hasil resiko yang akan di alami sangatlah besar.

G). Referensi

Materi MikroTik BLC Klaten INTRA.pdf



   Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian Point to Multipoint pada mikrotik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
   

0 komentar:

Posting Komentar