Rabu, 10 April 2019

Cara Blokir Situs Menggunakan Transparent Web Proxy pada Firewall MikroTik | Ahmad khoeron

Cara Blokir Situs Menggunakan Transparent Web Proxy pada Firewall MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai guys, berjumpa dengan saya lagi dalam postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian Web Proxy dan sekaligus cara memblokir suatu situs menggunakan Web Proxy. Nah untuk mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini. 

A). Pengertian 

   Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di internet. MikroTik memiliki fitur Web Proxy yang dapat digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di internet. 

B). Latar Belakang

   Web Proxy MikroTik sendiri memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu fungsi filtering. Fitur filtering web proxy ini dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di request oleh client. Dengan begitu kita dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat kita lakukan jika hanya menggunakan NAT.

C). Maksud dan Tujuan

   Dapat melakukan suatu pemblokiran terhadap sebuah situs tertentu dengan menggunakan metode Web Proxy MikroTik.

D). Alat dan Bahan 

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.
- Winbox.

E). Pembahasan

   Sebelumnya kita masuk kedalam menu settingan MIkroTik terlebih dahulu untuk mengatur settingan MikroTik.
  • Langkah awal, kita klik IP=> Web Proxy=> General=> Ceklist Enable=> Port (8080)=> Cache Administator (Webmaster)=> ceklist Cache On Disk=> Apply=> OK.

  • Selanjutnya kita akan blokir dengan cara klik IP=> Firewall=> NAT=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Chain (dstnat)=> Protocol 6 (tcp)=> Dst. Port (80)=> In. Interface (wlan 1).

  • Kemudian pindah ke interface Action=> Action (redirect)=> To Port (8080)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita kembali lagi ke interface Web Proxy. klik IP=> Web Proxy=> General=> Access=> Dst. Host (*mikrotik*)=> Action (deny)=> Apply=> OK.
Setelah dari proses diatas, maka kita akan uji coba dengan masuk kedalam browser dengan masukkan Domain dari situs yang telah diblokir dengan menggunakan web server. 


F). Kesimpulan

   Saat kita akan melakukan pemblokiran terhadap sebuah situs menggunakan Web Proxy MikroTik, kita harus paham konsepnya terlebih dahulu. Karena kesalahan sedikit akan menjadikan kesalahan yang besar.

G). Referensi

awal dan akhir mikrotik.pdf



   Nah, itulah sedikit penjelasan tentang cara memblokir sebuah situs menggunakan fitur Web Server pada mikrotik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




0 komentar:

Posting Komentar