Selasa, 09 April 2019

Cara Blokir Situs Menggunakan Address List | Ahmad Khoeron

Blokir Situs Menggunakan Address List


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai guys, berjumpa dengan saya lagi dalam postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian Address List dan sekaligus cara memblokir suatu situs menggunakan Address List. Nah untuk mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini. 

A). Pengertian 

    Address List merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk melakukan sebuah pemfilteran terhadap grup IP Address menjadi 1 rule firewall.

B). Latar Belakang

    Semisal ada sebuah user yang menggunakan sebuah situs yang tidak di izinkan, kita dapat melakukan bloking terhadap sebuah suatu situs tersebut menggunakan fitur Address List yang ada pada MikroTik.

C). Maksud dan Tujuan 

- Mengetahui firewall yang berada pada MikroTik.
- mencegah penggunaan situs yang tidak di izinkan.
- mengetahui cara memblokir sebuah situs menggunakan Address List yang ada pada MikroTik.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ 45.

E). Pembahasan

   Seperti biasa sebelum kita setting pada MikroTik, kita masuk terlebih dahulu kedalam menu setting router MikroTik.
  • Langkah pertama, kita buat terlebih dahulu nama sebuah situs yang akan kita blokir. Caranya klik IP=> Firewall=> Address List=> Name (Nama situs)=> Address (www.youtube.com)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita bisa cek didalam interface address list.

  • Selanjutnya kita akan blokir situs tadi. Caranya klik General=> Chain (forward)=> protocol 6 (tcp).

  • Kemudian pindah ke interface Advanced=> Dst. Address List (Nama situs yang telah kita buat).

  • Kemudian pindah ke Interface Action=> Action (Drop)=> Apply=> OK.

Setelah proses diatas, maka kita coba membuka sebuah situs yang telah kita buat tadi yaitu Youtube didalam sebuah browser. Maka hasilnya akan terblokir seperti contoh pada gambar dibawah ini.


F). Kesimpulan 

   Dengan adanya fitur Address List yang berada pada MikroTik, kita dapat melakukan pemblokiran terhadap sebuah situs yang tidak kita inginkan dengan mudah dan cepat, sehingga pembuat atau pengelola jaringan tidak perlu khawatir akan menggunakan waktu yang lama untuk melakukannya.

G). Kesimpulan 

Ebook awal dan akhir mikrotik.pdf



  Nah, itulah sedikit penjelasan tentang cara memblokir sebuah situs menggunakan fitur Address List pada mikrotik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


   

0 komentar:

Posting Komentar