Kamis, 11 April 2019

Cara Blokir Situs Menggunakan Transparent DNS pada Firewall MikroTik | Ahmad Khoeron

Cara Blokir Situs Menggunakan Transparent DNS pada Firewall MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian DNS beserta cara blokir situs menggunakan transparent DNS pada Firewall MikroTik. Nah agar mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer. Misalnya: Internet.

B). Latar Belakang 

   Untuk melakukan pemblokiran menggunakan Transparent DNS pastikan terlebih dahulu IP Address dari DNS yang akan digunakan. Di Indonesia ada DNS yang cukup terkenal adalah DNS dari Nawala Project. Alamat DNS dari Nawala Project adalah 180.131.144.144. DNS Nawala ini mempunyai fungsi untuk membuat internet sehat, maksudnya yaitu dapat memblokir sebuah situs yang di larang.

C). Maksud dan Tujuan

   Memblokir sebuah situs menggunakan DNS Nawala dan menjadikan internet sehat untuk client atau pengguna internet.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.
- Winbox.

E). Pembahasan

   Cara pertama kita perlu masuk ke menu setting MikroTik terlebih dahulu. Setelah itu kita pilih IP=> Interface Firewall=> NAT=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Chain (dstnat)=> Protocol (17 udp)=> dst. port (53).



  • Selanjutnya Pindah kedalam interface Action=> Action (dst-nat)=> To Address (DNS NAWALA)=> To Port (53)=> Apply=> OK.


  • Maka kita dapat melihat hasilnya didalam interface NAT. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

   dari hasil diatas kita telah membuat firewall dengan menggunakan DNS Nawala. Kita dapat mencobanya dengan menggunakan situs yang mengandung unsur negatif.

F). Kesimpulan

   DNS Nawala ini dapat memblokir sebuah situs yang mengandung unsur negatif.

G). Referensi



 Nah, itulah sedikit penjelasan pengertian tentang cara memblokir situs menggunakan DNS Nawala di MikroTik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar