Jumat, 12 April 2019

Cara Blok Akses Internet Via IP dan MAC Address di MikroTik | Ahmad Khoeron

Cara Blok Akses Internet Via IP dan MAC Address di MikroTik.


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. kali ini kita akan belajar penjelasan tentang cara blok akses internet via IP Address dan MAC Address di MikroTik beserta cara konfigurasinya. Nah agar mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang di pakai sebagai alamat identifikasi untuk setiap host dalam jaringan internet.
  MAC Address (Media Access Protocol) adalah sebuah alamat jaringan yang di implementasikan pada data link dalam OSI layer, yang mereplementasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

B). Latar Belakang 

   Apabila terdapat client yang menggunakan jaringan internet secara tidak bijaksana, maka kita sebagai administrator jaringan harus bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas data agar lancar dengan memblok IP maupun MAC Address client yang nakal.

C). Maksud dan Tujuan

    Kita memblok IP maupun MAC Address client dengan tujuan agar client yang telah kita blok tadi tidak dapat terhubung internet yang telah kita buat.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.

E). Pembahasan 

   Sebelum kita memblokir IP dan MAC address dari client yang membuat onar, kita harus terlebih dahulu mengetahui IP dan MAC Address client. Syaratnya client tersebut harus terhubung ke dalam jaringan MikroTik kita. Caranya adalah klik IP => DHCP Server => Leases.

Setelah kita mengetahui IP dari client, selanjutnya kita lakukan pemblokiran dengan cara klik IP =>Firewall =>Filter Rules =>Tambah Rule =>General =>Chain (Forwading) =>Src.Address (IP Client) =>Apply.

Selanjutnya kita klik  Action => Action (Drop) => Apply =>OK.


Dari pemblokiran melalui IP Address, sekarang kita mencoba blokir MAC Address dari Client. Caranya sama seperti tadi yaitu klik IP =>DHCP Server => Leases.



Selanjutnya kita melakukan pemblokiran tersebut melalui firewall. Caranya sedikit sama seperti tadi, yaitu klik IP => Firewall => Filter Rules => Tambahkan Rule => General => Chain (Forward) => Apply.


Selanjutnya klik Advanced => Src. MAC Address (isi MAC Address client).

Terakhir klik Action => Action (Drop) => Apply => OK.

Maka, baik IP maupun MAC Address dari client tadi otomatis akan terblokir dan tidak dapat bisa menggunakan koneksi yang telah client gunakan tadi.



F). Kesimpulan

    Melakukan cara ini  agar client yang telah di blok tidak dapat terhubung lagi ke dalam koneksi jaringan yang telah kita buat.

G). Referensi 



   Nah, itulah sedikit penjelasan pengertian tentang cara memblokir IP dan MAC Address client agar tidak dapat terhubung ke internet menggunakan MikroTik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




0 komentar:

Posting Komentar