Jumat, 24 Mei 2019

Konfigurasi Mail Server dan Web Mail Debian 8 Jessie | Ahmad Khoeron

Mail Server dan Web Mail Debian 8 Jessie


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang cara menambahkan konfigurasi Mail Server dan Web Mail Debian 8 Jessie. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Mail Server adalah sebuah aplikasi yang menerima sebuah e-mail dari pengguna lokal (dari Domain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Untuk dapat mengirim e-mail, sebuah mail server harus memiliki sebuah mail transport di dalamnya. Contohnya yaitu Postdix, Qmail, Sendmail, Exim, dan Zimbra.

   Web mail hanyalah merupakan fronted dari mail. Inti dari mekanismenya sebenarnya terdapat pada Mail Server, bukan di Web Mail. Karena tujuan Web Mail hanya untuk memudahkan user dalam mengakses Mail Server tersebut. Contoh Web Mail yang paling populer yaitu SquirrelMail, Zimbra, dan Roundcube.

B). Latar Belakang

   Pada sebuah jaringan baik itu lokal maupun publik, kita dapat menerapkan kita dapat menggunakan yang namanya Mail atau sebuah surat elektronik untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Untuk pengimplementasiannya dapat di lakukan pada Debian Server.

C). Maksud dan Tujuan

   Melakukan konfigurasi Mail Server dan Web Mail, agar dalam melakukan pengiriman surat elektronik atau Mail dapat mempermudah dalam berkomunikasi.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- VirtualBox.
- Internet.

E). Pembahasan



1. Pastikan terlebih dahulu sudah kita setting dnsnya. Isikan mail.smk.bisa seperti contohnya gambar dibawah.



2. Perlu diketahui, selanjutnya kita harus menginstall MTA atau agent yang mengirimkan pesan kita. Ada beberapa contoh dari MTA yang dapat kita install yaitu postfix, zimbra, sendmail, qmail, dan exim. Selain itu juga kita harus menginstall protocol yang digunakan untuk menerima pesan yaitu protocol POP dan IMAP. Ketikkan command apt-get install postfix courier-pop courier-imap.

3. Disini kita pilih ok.

4. Kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti gambar dibawah. Disni pilih saja "internet site". Kemudian klik ok.

5. Lalu isikan domain yang telah anda konfigurasikan tadi.

6. Selanjutnya pilih saja Yes.

7. Selanjutnya buat directory mailnya. Ketikkan command maildirmake /etc/skel/Maildir.

8. Kemudian kita konfigurasi mailnya. Ketikkan command nano /etc/postfix/main.cf. tambahkan dibagian paling bawah.

Home_mailbox = Maildir/
Kemudian save konfigurasi. Ketikkan ctrl x + y lalu enter.

9. Kemudian kita reconfigure kembali postfixnya. Ketikkan command "dpkg-reconfigure postfix". Lalu pilih ok.

10. Disni pilih saja "internet site". Kemudian klik ok.

11. Lalu isikan domain.

12. Lalu disini kita kosongkan saja. Kemudian klik ok.

14. Disini kita disuruh untuk menambahkan domian. Karena tadi sudah, kita lanjut saja. Klik ok.

15. Pilih no di "Force Synchronous".

16. Kemudian tambahkan local network. Kita isikan saja dengan IP Default yaitu 0.0.0.0/0.

17. Pilih no di "Use ProcMail".

18. lalu tentukan banyaknya mail yang akan dikirim. Saya sarankan untuk menggunakan defaultnya yaitu 0.

19. Kita pilih ok.

20. Kemudian karena saya menggunakan IPV4, maka disini saya pilih IPV4.

21. Kemudian restart postfix, courier-pop, dan courier-imap.

22. Lalu tambahkan user baru. Ketikkan command adduser namauser. Disini saya menambahkan dua user.



23. Selanjutnya kita install Web Mailnya. Disni saya menggunakan squirrelmail. Ketikkan command "apt-get install squirrelmail".

24. Kemudian konfigurasi apache2.conf. Ketikkan command "nano /etc/apache2/apache2.conf". Kemudian tambahakan konfigurasi dibagian paling bawah.

Include ‘/etc/squirrelmail/apache.conf’

25. Kemudian restart apachenya.

26. Lalu kita buat shortcut /usr/share/squirrelmail/ ke /var/www/html/mail. Ketikkan command "ln -s /usr/share/squirrelmail/ /var/www/html/mail".

27. Lalu kita ubah DocumentRoot pada 000-default.conf kita arahkan ke directory mail yang telah kita buat di directory /var/www/html/. Ketikkan command nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf. Kemudian tambahkan mail. Lalu save tekan ctrl x + y.

28. Lalu cek. Buka browser lalu ketikkan mail.smk.bisa. Jika berhasil, maka tampilan awal dari Web Mailnya seperti gambar dibawah. Masukkan user dan password yang telah kita buat tadi.

29. Nah, kita sudah berhasil masuk. Karena tadi saya membuat dua user, saya akan menggunakan satu user sebagai pengirim dan satu user sebagai penerima. Kita tuliskan pesannya kemudia kita send.

30. Kemudian kita cek pada user penerima apakah ada pesan masuk?. Dan ternyata ada email masuk. itu artinya konfigurasiya berhasil.

F). Kesimpulan

   Dapat mengirimkan sebuah surat elektronik atau E-mail dalam sebuah server agar dapat memudahkan user untuk saling berkomunikasi.

G). Referensi




   Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian Web Mail Server beserta cara konfigurasinya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




0 komentar:

Posting Komentar