Rabu, 08 Mei 2019

Konfigurasi IP Address di Debian Server | Ahmad Khoeron

Konfigurasi IP Address di Debian Server


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang konfigurasi TCP/IP Address pada Debian 8 Jessie. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian


   Suit Protokol Internet Merupakan model jaringan komputer dan rangkaian protokol komunikasi yang digunakan di internet dan jaringan komputer yang mirip. Ia lebih dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol), yang merupakan gabungan dari protokol TCP Transmission Control Protokol) dan IP (Internet Protokol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang di tuju.

   Protokol Internet merupakan salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP. Protokol Internet (Inggris Internet Protocol disingkat IP) adalah protokol lapisan jaringan atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP.

B). Latar Belakang

   Dalam perkembangan jaringan komputer ini, TCP/IP sangatlah penting. Karena sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang di tuju.

C). Maksud dan Tujuan

   Memberikan IP address pada debian server yang bertujuan untuk memberikan alamat jaringan pada debian server tersebut.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- VirtualBox.

E). Pembahasan

   Pada Debian Server ini, penggunaan IP Address memang sangatlah penting. Karena IP Address ini digunakan untuk pengalamatan sebuah jaringan debian tersebut. Langkah konfigurasi IP Address disini lumayan mudah untuk dilakukan.
  • Langkah pertama, kita harus tahu dahulu interface apakah yang ada pada sebuah server kita, karena interface server itu banyak sekali jenisnya. Untuk dapat mengetahui nama interface yang digunakan, kita dapat memasukkan dengan perintah "ls /sys/class/net".

  • Kemudian kita konfigurasi IP Address pada debian server kita dengan IP Address yang kita inginkan dengan perintah "nano /etc/network/interface".

  • Setelah selesai memasukkan IP Address tadi, kita cek IP Address yang telah kita masukkan tadi dengan perintah "ifconfig".

Setelah hasilnya seperti di atas, berarti IP Address yang telah kita masukkan tadi berhasil. Kita juga bisa menambahkan gateway apabila kita menyambungkan server kita ke dalam perangkat jaringan.

F). Kesimpulan 

   Dalam memasukkan IP Address, kita harus menentukannya lebih dahulu sebelumnya. Dengan begitu tidak ada lagi kesalahan yang terjadi ketika kita memasukkan IP Address maupun langkah berikutnya.

G). Referensi

Buku Konfigurasi Debian Server BLC Telkom by Aji Kamaludin.pdf


   Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian IP Address beserta cara konfigurasinya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.







0 komentar:

Posting Komentar