Selasa, 23 April 2019

Cara Setting Qos Pada MikroTik | Ahmad Khoeron

QoS (Quality of service)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian QoS (Quality of Service) dan sekaligus cara konfigurasinya. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   QoS (Quality of Service) di definisikan sebagai kemampuan untuk menjamin kebutuhan jaringan tertentu seperti bandwidth, latency, jitter, dan kehandalan untuk memenuhi Service Level Agreement (LSA) antara provider aplikasi dan end user.

B). Latar Belakang 

   Di bidang jaringan komputer dan jaringan telekomunikasi packet-switched lainnya, kualitas layanan mengacu pada prioritas lalu lintas dan mekanisme kontrol reservasi sumber daya daripada kualitas layanan yang di capai. Kualitas layanan adalah kemampuan untuk memberikan prioritas yang berbeda ke aplikasi yang berbeda, pengguna, atau aliran data, atau untuk menjamin tingkat kinerja tertentu untuk aliran.

C). Maksud dan Tujuan  

   Kualitas layanan sangatlah penting untuk pengangkutan lalu lintas dengan persyaratan khusus. Secara khusus, pengembang telah memperkenalkan teknologi VoIP (Voice over IP) untuk memungkinkan jaringan komputer menjadi sama bermanfaatnya dengan jaringan telepon untuk percangkapan audio, serta mendukung aplikasi baru dengan persyaratan kinerja jaringan yang lebih ketat.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.
- Winbox.

E). Pembahasan

   Dalam sebuah jaringan hotspot. kita perlu mengatur suatu kecepatan hotspot dari seorang client agar kecepatan koneksi dapat sama rata atau sesuai yang diinginkan. Disini kita dapat mengatur kecepatan dari sebuah koneksi tadi dengan menggunakan interface QOS MikroTik.
  • Langkah awal yaitu klik IP=> Hotspot=> Hosts=> pilih client yang ingin diatur kecepatan bandwitchnya.

  • Kemudian atur bandwidtch pada Queues. Caranya klik Queues=> Simple Queues=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Name (Nama client)=> Target (IP Client).

  • Kemudian pindah ke interface Advanced=> Limit At (Atur sesuai keinginan)=> Apply=> OK.

  • Setelah itu kita bisa cek dari client yang telah kita atur kecepatan bandwitchnya tadi.


F). Kesimpulan

   Untuk mengukur kualitas layanan secara kuantitatif, beberapa aspek terkait dari layanan jaringan sering dipertimbangkan.

G). Referensi





 Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian QoS dan cara konfigurasinya pada mikrotik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.


   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
   
   

0 komentar:

Posting Komentar