Sabtu, 27 April 2019

Cara Setting VPN PPTP pada MikroTik | Ahmad Khoeron

Setting VPN PPTP pada MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian VPN PPTP  dan sekaligus cara konfigurasinya. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

  Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar perangkatnya (node) memanfaatkan jaringan public, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet di masing-masing site. Ketika mengimplemetasikan VPN, interkoneksi antar node akan memiliki jalur virtual khusus di atas jaringan public yang sifatnya independen.

   Point to Point Tunnel Protocol (PPTP) merupakan salah satu service yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN. Sebuah koneksi PPTP terdiri dari Server dan Client. Fitur ini sudah termasuk dalam Package PPP sehingga kita perlu cek di menu System Package apakah paket tersebut sudah ada di router atau belum.

B). Latar Belakang

   Pada konfigurasi ini, kita itu seolah-olah membuat sebuah jaringan virtual yang berfungsi untuk melanui jaringan public. Metode ini biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure, seperti system ticketing online dengan database server terpusat.

C). Maksud dan Tujuan

   Metode ini biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure, seperti system ticketing online dengan database server terpusat.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.
- Winbox.

E). Pembahasan

   Sebelumnya seperti biasa yaitu kita masuk kedalam menu settingan router MikroTik terlebih dahulu agar dapat kita setting.
  • Langkah awal yaitu kita masuk ke menu PPP=> Interface=> PPTP Server=> Ceklist Enable=> Default Profile (Default-Encryption)=> Apply=> OK.

  • Selanjutnya yaitu membuat PPTP Server Binding dengan masuk ke menu interface. Caranya klik PPP=> Interface=> Tambahkan Rule=> pilih PPTP Server Binding.

  • Selanjutnya kita membuat user baru untuk PPTP pada interface. Caranya masuk kedalam Interface General=> User (Nama user yang akan digunakan)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita membuat L2TP Client. Caranya klik PPP=> Interface=> Tambahkan Rule=> L2TP Client=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita masukkan Dial Out dari IP PPoE Server kita. Caranya yaitu klik Interface Dial Out=> Connect To (IP PPoE Server)=> User (Nama User)=> Password (Nama Password)=> Profile (Default-Encryption)=> Allow (ceklist semua)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita membuat nama VPN yang akan kita gunakan. Caranya klik PPP Profile=> General=> name (Nama VPN)=> Local Address (IP Router kita)=> Remote Address (IP Pool yang akan bagikan ke Client)=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita membuat secret PPP dengan langkah klik PPP=> PPP Secret=> Name & Password (user yang telah kita buat tadi)=> Service (PPTP)=> Profile (VPN yang telah kita buat tadi)=> Apply=> OK.

  • Selanjutnya kita tambahkan koneksi pada laptop kita.

  • Kemudian tambahkan pembuatan PPTP.

  • Selanjutnya kita masukkan Gateway VPN menjadi Gateway router kita dan masukkan username dan password yang telah kita buat tadi.

  • Sambungkan VPN yang telah kita buat tadi, apabila berhasil maka akan muncul peringatan seperti contoh gambar dibawah ini.

  • Selanjutnya gambar pengunci pada koneksi kita aktifkan.

  • Kemudian kita cek IP Address dari IP PPTP yang telah kita buat tadi.

F). Kesimpulan

   Jika kita ingin menggunakan PPTP, pastikan di router kita tidak ada rule yang melakukan blocking terhadap protocol TCP 1723 dan IP Protocol 47/GRE karena service PPTP menggunakan protocol tersebut.

G). Referensi 




  Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian VPN PPTP dan cara konfigurasinya pada mikrotik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.



   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

   



 



0 komentar:

Posting Komentar