Senin, 22 April 2019

Cara Setting Routing OSPF pada MikroTik | Ahmad Khoeron

Setting Routing OSPF pada MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
   Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian OSPF (Open Shortest Path First) dan sekaligus cara konfigurasinya. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (dynamic routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.

B). Latar Belakang

   Pada OSPF dikenal sebuah istilah Autonomus System (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing yang memiliki kesamaaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator. Dan memang kebanyakan fitur ini digunakan untuk management dalam skala jaringan yang sangat besar.
   OSPF termasuk di dalam kategori IGP (interior Gateway Protocol) yang memiliki kemampuan Link-State dan Algoritma Djikstra yang jauh lebih efisien dibandingkan protokol IGP yang lain. Dalam operasinya OSPF menggunakan protokol sendiri yaitu protokol 89.

C). Maksud dan Tujuan 

Melakukan konfigurasi pada MikroTik dengan menggunakan konfigurasi OSPF.

D). Maksud dan Tujuan

- laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.
- Winbox.

E). Pembahasan

   Sebelumnya seperti biasa yaitu kita masuk kedalam menu settingan router MikroTik terlebih dahulu agar bisa kita setting.
  • Kita membuat IP Address terlebih dahulu. Caranya klik IP=> Addresses=> Tambahkan Rule (+)=> Masukkan IP Address=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita membuat OSPF. Caranya OSPF=> Network=> Tambahkan Rule (+)=> Tambahkan IP=> Apply=> OK.

  • Kemudian kita cek OSPF yang telah kita buat tadi.

  • Kemudian kita buat DHCP. 

  • Kemudian kita cek.

  • Kemudian kita ganti koneksi pada laptop kita.


F). Kesimpulan

   Hal yang dilakukan ketika melakukan konfigurasi MikroTik OSPF adalah harus selalu fokus, karena kesalahan yang dilakukan di awal akan mengakibatkan kesalahan pada selanjutnya.

G). Referensi 




  Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian OSPF dan cara konfigurasinya pada mikrotik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.


   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


0 komentar:

Posting Komentar