Jumat, 12 April 2019

Cara Blokir Situs Menggunakan Layer 7 Protocols pada Firewall MikroTik | Ahmad Khoeron

Cara Blokir Situs Menggunakan Layer 7 Protocols pada Firewall MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. kali ini kita akan belajar penjelasan tentang 5 cara mengamankan sebuah MikroTik. Nah agar mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Layer 7 Protocol adalah metode pencarian pola terhadap paket data yang melewati jalur ICMP, TCP dan UDP.

B). Latar Belakang

    Kita sebagai administrator jaringan harus selalu bijak menggunakan internet. Kita dapat menggunakan internet sehat dengan cara memblokir sebuah situs dengan menggunakan Layer 7 Protocol. Cara ini memang sangat mudah dan simple, karena kita hanya memanfaatkan fitur dari firewall yang terdapat pada MikroTik.

C). Maksud dan Tujuan 

   Untuk menghindari client atau pengguna jaringan pada MikroTik kita saat membuka situs terlarang dan untuk menerapkan internet sehat.

D). Alat dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP RJ45.
- Winbox.

E). Pembahasan    

   Biasanya dalam menggunakan akses internet terkadang ada juga client yang melanggar peraturan yang ditentukan sebelumnya. Contohnya dalam sebuah ruangan kelas yang melakukan sebuah jam pelajaran tetapi ada seorang siswa malah asik menggunakan situs medsos, streaming, youtube, dll. Kita dapat memblokir sebuah situs tersebut menggunakan perangkat MikroTik. Nah, contoh dibawah ini saya akan sedikit sharing cara memblokir sebuah situs tadi menggunakan salah satunya yaitu Layer 7 Protocol di MikroTik.
  • Kita cari terlebih dahulu client yang akan kita blokir situsnya menggunakan Layer 7 Protocol. Klik IP=> DHCP Server=> Leases=> Cari client yang akan diblokir.

  • Kemudian kita pilih situs apa yang akan kita pilih. Disini saya memilih situs facebook yang akan saya blokir nantinya. Jangan lupa apabila kita akan memblokir situs tadi harus menggunakan cara seperti ini, contoh ^.+(facebook.com).*$. Klik IP=> Firewall=> Interface Layer 7 Protocol=> (+)=> Name (Terserah user)=> masukkan ^.+(facebook.com).*$=> Apply=> OK.


  • Kemudian kita blokir client tedi. Klik IP=> Firewall=> Interface Filter Rule=> (+)=> General=> Chain (Forward)=> Src. Address (IP Client)=> Apply=> OK.


  • Kemudian kita blokir situs facebook yang telah kita setting tadi. Pilih Advance=> Layer 7 Protocol (situs yang telah kita setting tadi)=> Apply=> OK.


  • Yang terakhir kita drop situs tadi. Pilih Interface Action=> Action (Drop)=> Apply=> OK


   setelah selesai, maka kita bisa lihat dari client yang telah kita blokir situsnya akan tidak dapat membuka situs facebook tadi karena situs tersebut sudah kita blok dari client.

F). Kesimpulan

   Dalam melakukan suatu pemblokan dengan menggunakan Layer 7 Protocol ini, kita dapat memblokir sebuah situs yang terlarang.

G). Referensi



   Nah, itulah sedikit penjelasan pengertian tentang Layer 7 Protocol pada firewall MikroTik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.

   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar