Kamis, 28 Maret 2019

Cara Konfigurasi Routing Wireless pada MikroTik | Ahmad Khoeron

Routing Wireless pada MikroTik


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai teman-teman IT, berjumpa lagi dengan saya dalam sebuah postingan artikel Blog ku. kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian routing wireless pada MikroTik beserta cara konfigurasinya. Nah agar mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

    Routing wireless adalah routing yang menggunakan media tanpa kabel (wireless) untuk menghubungkan beberapa network yang berbeda subnet IP.

B). Latar Belakang

    Untuk konsep routing wireless ini sama saja dengan konnsep sebelumnya yaitu routing statik, hanya saja selain mensetting IP route kita juga harus mensetting di bagian wireless. Dalam konfigurasi routing wireless dalam sebuah perusahaan sangat penting karena kita menghubungkan suatu perusahaan tanpa menggunakan sebuah kabel.

C). Maksud dan Tujuan

    Dalam routing wireless ini sangat bermanfaat, karena kita tidak mungkin menyambungkan dari satu perusahaan ke perusahaan yang lainnya menggunakan media transmisi kabel. Itu membutuhkan biaya yang sangat besar dan membutuhkan tenaga yang banyak. Namun, routing wireless ini mempunyai keamanan yang kurang di bandingkan menggunakan routing statik.

D). Alat Dan Bahan

- Laptop/PC.
- MikroTik.
- Kabel UTP.
- Winbox.

E). Pembahasan


Repeater 
Setting disisi repeater juga hampir sama dengans setting access point sebelumnya. Hanya saja untuk repeater, interface wireless menggunakan mode "WDS Slave". 


Jangan lupa buat interface mesh dengan port wlan1, sama seperti access point. Kemudian buat routing MME. Sedikit berbeda dengan access point sebelumnya, disini kita tidak perlu menentukan gateway-class, cukup kita tentikan gateway-selection.


Langkah setting sudah selesai, coba cek di menu routing, akan muncul rule routing bari dengan flag DAm (Dynamic, Active, MME). Untuk melakukan testing wireless roaming, Anda bisa coba ping sambil berpindah - pindah lokasi. 


F). Kesimpulan

tetap fokus dalam setting MikroTik agar dapat reply.

G). Referensi





   Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian routing wireless pada MikroTik dan cara konfigurasinya pada mikrotik. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.


Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar