Rabu, 27 Maret 2019

Cara Konfigurasi Routing Statik pada MikroTik | Ahmad Khoeron

 Routing Statik pada MikroTik 


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai teman-teman IT, berjumpa lagi dengan saya dalam sebuah artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian routing statik pada MikroTik dan cara konfigurasinya. Nah, untuk mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

    Routing Statik adalah informasi routing yang di buat secara manual oleh user untuk mengatur arah mana trafik tertentu yang di tentukan. Default route adalah salah satu contoh static routes.

B). Latar Belakang

    Banyak perusahaan besar yang membutuhkan suatu jaringan, dan dalam perusahaan tersebut kadang tidak hanya terdiri dari satu perusahaan. Untuk menyambungkan jaringan dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya membutuhkan yang namanya routing. dalam routing, cara yang paling simpel untuk menyambungkan jaringan secara manual adalah dengan cara routing statik.

C). Maksud dan tujuan

    Dalam routing statik ini, di samping cara konfigurasi dalam menyambungkan suatu jaringan secara manual, kegunaan lain dari routing statik ini adalah keamanan yang lebih aman di bandingkan dengan secara dinamik.

D). Alat dan bahan

- laptop/PC.
- Mikrotik.
- Kabel UTP.
- Winbox.

E). Pembahasan

   Sebelum kita konfigurasi routing static pada MikroTik, kita membuat topologi terlebih dahulu agar mempermudah kita dalam konfigurasi. Topologi tersebut bisa seperti contoh gambar dibawah ini.



  • Langkah selanjutnya kita akan memberikan IP Address Router yang menuju kepada client dengan menggunakan Ether 2. Klik IP=> Addresses => (+)=> Address (IP yang diinginkan)=> Interface (Ether yang diinginkan)=> Apply=> OK.



  • Kemudian kita memberikan IP Address yang menuju kedalam router yang dituju dengan menggunakan Ether 3. Klik IP=> Address=> (+)=> Address (IP yang diinginkan)=> Interface (Ether yang diinginkan)=> Apply=> OK.
           
  • Setelah selesai memberi IP Address, maka selanjutnya kita akan routing menuju router yang dituju. Klik IP=> Interface Routes=> Routes=> (+)=> General=> Dst. Address (IP Router yang dituju)=> Gateway (IP Router yang dilalui)=> Apply=> OK.



  • Setelah itu, setting pada router yang lainnya dengan cara sama seperti cara yang berada diatas tetapi hanya berbeda IP Addressnya. Setelah selesai, maka kita akan uji dengan test ping.

  • Apabila kita uji test ping seperti gambar diatas yaitu ping reply, maka routing statik yang kita setting tadi berhasil.

F). Kesimpulan

    Dalam menyetting routing statik kita hanya perlu fokus pada IP Address dari masing-masing router dan IP Address gerbang atau jalur masuk yang akan dilalui oleh router tadi.

G). Referensi




 Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian routing statik MikroTik beserta cara konfigurasinya. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




0 komentar:

Posting Komentar