Sabtu, 04 Mei 2019

Pengertian Intropeksi Diri | Ahmad Khoeron

Intropeksi Diri


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Hai sobat IT, berjumpa dengan saya lagi dalam sebuah postingan artikel Blog ku. Kali ini kita akan belajar penjelasan tentang pengertian muhasabah atau intropeksi diri. Nah, agar mempersingkat waktu mari kita simak penjelasan berikut di bawah ini.

A). Pengertian

   Intropeksi Diri atau Refleksi Diri merupakan proses pengamatan terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang di sadari, keinginan, dan sensasi. Proses tersebut berupa mental yang di sadari dan biasanya dengan maksud tertentu yang berdasarkan pada pikiran dan perasaannya.

B). Latar Belakang

   Proses belajar seorang manusia bisa dikatakan tiada akhir. Pendidikan yang tinggi, dia tetap wajib membuka diri agar semakin baik yang tertanam dalam diri. Setiap orang juga tentunya memiliki cita-cita berbeda yang ingin di capai. 
   Namun, bukan hal mustahil jika ambisi tersebut lantas tidak membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, tapi justru lebih egois dan tidak peduli terhadap orang di sekitar. Nah, sebelum ambisi tersebut memperbudak diri kita, segera kita untuk intropeksi diri agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak sakit hati di kemudian hari.

C). Maksud dan Tujuan

   Dapat melakukan intropeksi diri agar kita menjadi orang yang mempunya kepribadian yang lebih baik daripada sebelumnya.

D). Alat dan Bahan

-

E). Pembahasan

   Yang telah saya tangkap dari nasehat Mbah Suro, yaitu ibaratkan sebuah kapal yang akan berlayar pasti membutuhkan sebuah petunjuk arah. Namun, tak kalah pentingnya adalah selalu mengetahui posisi yang benar ketika di lautan lepas. Karena sedikit kekeliruan membuat kapal tersesat  dan kehilangan arah. Demikian halnya dengan kehidupan kita.
  Secara berkala kita perlu evaluasi. Ada banyak peristiwa di mana kita berada dan kita harus belajar dan membiasakan introspeksi diri. Bercermin untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan pribadi, agar dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. 
  Introspeksi diri sangat diperlukan karena proses tidak selalu berjalan konstan. Pengalaman yang serupa tidak selalu memberi hasil yang sama. Selalu ada keterbatasan dan perbedaan sudut pandang. Tiap masalah memiliki titik kritis sendiri. 
   Melalui intropeksi diri kita akan mampu menemukan makna dari setiap tujuan yang akan kita miliki dan akan semakin memastikan, apakah tujuan yang telah kita tetapkan sebelumnya sedah terarah atau belum. Karena sering kita melihat kesalahan orang lain bahkan mengkritik kesalahan yang dibuat orang lain. sadarkah kita bahwa kita pun sering berbuat salah, melalui cara intropeksi diri sendiri kita dapat memahami kekurangan dan kelebihan yang kita miliki.

F). Kesimpulan 

   Melalui intropeksi diri kita akan mampu menemukan makna dari setiap tujuan yang akan kita miliki dan akan semakin memastikan, apakah tujuan yang telah kita tetapkan sebelumnya sedah terarah atau belum.

G). Referensi




  Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian intropeksi diri. Apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ataupun tutur kata yang tidak menyenangkan dalam hati pembaca, saya mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.
   Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti perkembangan Blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membacanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.



0 komentar:

Posting Komentar